Rechercher dans ce blog

Wednesday, December 12, 2018

Nah Lho, Presiden Joko Widodo Soroti Biaya Sertifikasi Satpam Terlalu Mahal


Jakarta, Info Breaking News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkejut ketika mengetahui bahwa biaya sertifikasi untuk menjadi anggota Satuan Pengamanan (Satpam) berkisar antara Rp 5-10 juta.
"Sertifikasi penting, tapi kalau biayanya antara Rp 5-10 juta, itu sangat mahal. Mahal. Mahal," kata Presiden Jokowi saat meresmikan Pembukaan Konferensi Industri Jasa Pengamanan Nasional Tahun 2018 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/12).
Presiden Jokowi berjanji akan menelusuri penyebab tingginya biaya sertifikasi Satpam. "Nanti saya akan lihat terlebih dulu," kata Presiden Jokowi.
Sesuai ketentuan yang berlaku, setiap petugas keamanan wajib mengantungi sertifikasi Gada Pratama yang dikeluarkan Kepolsian Negara Republik Indonesia (Polri). Sertifikasi itu diperoleh melalui tiga jenjang pendidikan dan pelatihan.
Pertama, adalah tingkatan dasar atau Gada Pratama, yang wajib diikuti setiap calon anggota Satpam. Lama pelatihan adalah empat minggu dengan pola 232 jam pelajaran.
Materi pelatihan antara lain, interpersonal skill, etika profesi, tugas pokok, fungsi dan peranan Satpam, kemampuan kepolisian terbatas, bela diri, pengenalan bahan peledak, barang berharga dan tatihan menembak, pengetahuan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya, penggunaan tongkat Polri dan borgol, pengetahuan baris berbaris, dan Penghormatan,
Kedua, Penyelia atau Gada Madya, merupakan pelatihan lanjutan bagi anggota satpam yang telah memiliki kualifikasi Gada Pratama. Lama pelatihan dua minggu dengan pola 160 jam pelajaran.
Ketiga Manajer Keamanan (Gada Utama), merupakan pelatihan yang boleh diikuti oleh siapa saja dalam level setingkat manajer, yaitu chief security officer atau manajer keamanan. Pola 100 jam pelajaran. *** Any Christmiaty.

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

5 Negara yang Terkenal akan Street Food Nikmat Mereka - IDN Times

Berwisata ke luar negeri tak lengkap rasanya jika tidak mencoba berbagai hal yang khas dari negara tersebut. Mulai dari tempat wisata , b...

Postingan Populer