Rechercher dans ce blog

Thursday, December 13, 2018

Digempur Produsen Lokal, Samsung Terpaksa Tutup Pabrik di Tiongkok



Jakarta, Info Breaking News – Perusahaan raksasa asal Korea Selatan, Samsung Electronics terpaksa harus menutup salah satu pabrik ponsel di Tiongkok menyusul turunnya angka penjualan akibat kompetisi dengan produsen lokal.

"Sebagai bagian dari efisiensi di fasilitas produksi kami, Samsung Electronics dihadapkan pada keputusan yang sulit untuk menghentikan operasi di Tianjin Samsung Electronics Telecommunication," kata Samsung dalam keterangan resmi, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (13/12/2018).

Pabrik yang berlokasi di daerah Tianjin dan mengakomodasi sekitar 2.600 karyawan tersebut dijadwalkan akan ditutup pada akhir tahun ini.

Terkait dengan pegawai, Samsung memastikan akan memberikan kompensasi kepada karyawannya. Tak hanya itu, mereka juga memberi kesempatan bagi pegawai untuk pindah ke kantor Samsung di lain tempat, seperti pabrik di Huizhou dan Guangdong yang masih tetap dipertahankan.

Menurut laporan koran Korea Electronic Times, pabrik di Tianjin sendiri per tahunnya mampu memproduksi 36 juta unit ponsel, sementara yang di Huizhou 72 juta unit. Di negara lain, seperti contohnya Vietnam, dua pabrik Samsung secara gabungan menghasilkan 240 juta unit ponsel dalam setahun.
"Tiongkok tetap menjadi pasar yang penting bagi Samsung dan kami secara aktif berpartisipasi dalam kebijakan ekonomi Tiongkok dengan menumbuhkan industri komponen," kata Samsung.
Diketahui, Samsung selama ini harus berkompetisi dengan pemain lokal di pasar Tiongkok termasuk Huawei. Firma analisis pasar Counterpoint menyebutkan market share Samsung di Tiongkok merosot ke 1 persen di kuartal pertama tahun ini.
Analis senior dari Hyundai Motor Securities, Greg Roh, berpendapat Samsung tidak perlu berada di Tiongkok karena nyaris tidak ada dan upah buruh tinggi. Menurut Roh mereka lebih baik berada di India dan Vietnam. ***Nadya

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

5 Negara yang Terkenal akan Street Food Nikmat Mereka - IDN Times

Berwisata ke luar negeri tak lengkap rasanya jika tidak mencoba berbagai hal yang khas dari negara tersebut. Mulai dari tempat wisata , b...

Postingan Populer