Rechercher dans ce blog

Friday, December 14, 2018

Belum Ada Regulasi, Fitur E-SIM Mubazir di Indonesia



Jakarta, Info Breaking News – Trio iPhone terbaru, yakni iPhone XR, iPhone XS dan iPhone XS Max akhirnya resmi masuki pasar Indonesia. Penjualannya pun sudah dimulai di seluruh gerai iBox juga di sebagian toko Erafon.

Trio smartphone terbaru besutan Apple tersebut, seperti yang pernah diwartakan sebelumnya, memiliki fitur dual-SIM. Apple juga menyematkan teknologi terbaru, yakni e-SIM alias SIM card elektronik.

Meski begitu, sangat disayangkan bahwa di Indonesia sendiri pemanfaatan teknologi e-SIM tersebut belum dapat dimaksimalkan mengingat belum adanya regulasi khusus yang mengatur hal tersebut meski sejumlah operator telekomunikasi mengaku sudah siap. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kehadiran e-SIM di tiga iPhone terbaru ini mubazir lantaran tak bisa dimanfaatkan oleh pengguna di Indonesia.

Terkait hal ini, Direktur Marketing dan Komunikasi Erajaya Swesembada, Djatmiko Wardoyo, mengungkapkan keputusan memasarkan iPhone di Indonesia dengan teknologi e-SIM ada di tangan pihak Apple. Namun, pihaknya juga berharap ke depannya iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR yang dipasarkan di Indonesia sama seperti yang dijual di Tiongkok.
"Untuk alokasi iPhone ke Indonesia, keputusannya ada di Apple. Tentunya Apple juga sudah tahu kondisi di Indonesia seperti apa. Untuk selanjutnya, kemungkinan memang selalu ada. Tapi kita belum tahu nantinya seperti apa," jelas Djatmiko di acara penjualan perdana iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR, di iBox Central Park, Jakarta, Jumat (14/12/2018).
Diketahui, beberapa negara tertentu mendapat pengecualian terkait dengan kehadiran e-SIM. Seperti di Tiongkok, perangkat yang dihadirkan masih menggunakan tray SIM Card yang bisa dipakai untuk menaruh dua SIM Card atau SIM berbentuk fisik.
Di seluruh dunia, saat ini baru ada beberapa negara saja yang menawarkan dukungan terhadap teknologi e-SIM, antara lain Kanada, Kroasia, Australia, Republik Ceko, Jerman, Hungaria, India, Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat. ***Jeremy

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

5 Negara yang Terkenal akan Street Food Nikmat Mereka - IDN Times

Berwisata ke luar negeri tak lengkap rasanya jika tidak mencoba berbagai hal yang khas dari negara tersebut. Mulai dari tempat wisata , b...

Postingan Populer