Rechercher dans ce blog

Thursday, August 24, 2017

Tim TP4D Kejari Kabupaten Probolinggo Sosialisasi Dana Desa

Penulis: Firman
Kamis 24 Agustus 2017



Probolinggo,KraksaanOnline.com - Tim pengawal, pengamanan pemerintahan, pembangunan daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Kabupaten Prooblinggo menggelar sosialisasi dana desa di aula Tengger Pemkab setempat Kamis (24/8/2017).

Sosialisasi yang dihadiri Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari, Kajari Nadda Lubis, TP4D, Inspektorat, Kadis Pemberdayaan Desa, 24 Camat dan 325 Kepala Desa, itu diberi pemaparan tentang pengelolaan dan penyaluran Dana Desa Tahun Anggaran 2017 serta tugas pokok dan fungsinya.

Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka oleh Bupati Tantri. Saat membuka kegiatan, Bupati Tantri, menyampaikan terkait dasar dibentuknya TP4D yang mempunyai tugas untuk pengamanan kebijakan penegakan hukum.

"Pengamanan Kebijakan Dana Desa juga merupakan salah satu tugasnya, oleh karena itu, seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Probolinggo, harus memahami dengan benar tentang pengelolaan  dan penggunaan Dana Desa,"ujarnya.

Sementara itu, Kajari Kabupaten Probolinggo, Nadda Lubis melalui Kasi Intel Joko Wuriyanto, mengatakan sosialisasi tim TP4D ini sebagai wadah pendampingan sekaligus pemberian pemahaman kepada Kades tentang mekanisme penggunaan dana desa, sehingga penyerapan anggaran lebih efektif.

"Sosialisasi ini sebagai pendampingan agar pengguna dana desa agar tidak terjadi penyimpangan dan penyerapan anggaran di desa lebih maksimal,"tegas Joko, saat memberikan pemaparan kepada seluruh Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Probolinggo.

Ditambahkannya, pengelolaan dan penggunaan Dana Desa harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku, apabila tidak sesuai atau dengan sengaja merugikan uang negara, hal tersebut akan membuat Kepala Desa tersandung dengan ranah hukum.

"Ikuti sosialisasi dengan baik, pahami dan realisasikan pengelolaan dan penggunaan Dana Desa untuk kemajuan Desa dan anggarannya dapat dipertanggungjawabkan,"tandas Joko.

Sebagaimana diketahui, sosialisasi ini dilaksanakan Kejari Kabupaten Probolinggo, TP4D bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Probolinggo.(fir)

Editor: Dicko




No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

5 Negara yang Terkenal akan Street Food Nikmat Mereka - IDN Times

Berwisata ke luar negeri tak lengkap rasanya jika tidak mencoba berbagai hal yang khas dari negara tersebut. Mulai dari tempat wisata , b...

Postingan Populer