Rechercher dans ce blog

Monday, December 25, 2023

Pasar untuk Menjajal Street Food Terbaik di Korea - IDN Times

Segala hal tentang Korea Selatan memang menarik buat diikuti, apalagi kulinernya. Setelah viral makanan ala minimarket yang simple tapi mengenyangkan, kini juga wara-wiri konten makan di pasar tradisional yang murah sekaligus beragam. 

Makan di pasar tradisional, terutama saat ke luar negeri tentunya akan memberi pengalaman yang berbeda. Kamu akan menyadari betapa nikmatnya makan di tengah-tengah warga lokal plus lalu lalang yang mungkin akan jarang ditemukan di tempat lain.

Berikut ini adalah deretan pasar untuk menjajal street food terbaik di Korea. Yakin nih gak penasaran?

1. Pasar Dongdaemun

5 Pasar untuk Menjajal Street Food Terbaik di Korea, Auto Ngiler!potret penjual di Dongdaemun Market (instagram.com/food_monkey7)

Pasar Dongdaemun terdiri dari banyak kios-kios dan toko sehingga rasanya kurang jika dinikmati hanya sebentar. Di dalamnya terdapat lorong khusus kuliner yang disebut Meokja Golmok, di mana dipenuhi pedagang kaki lima yang menyajikan hidangan tradisional Korea dan berbagai hidangan klasik Barat. Gak heran kalau Pasar Dongdaemun kemudian jadi salah satu destinasi wisata kuliner. 

Uniknya lagi, pasar ini bahkan buka sampai malam dan justru semakin ramai setelah pukul 6 sore. Mereka yang datang adalah warga sekitar yang baru pulang kerja untuk makan malam.

Nah, jika akan mampir ke Pasar Dongdaemun maka kamu wajib menjajal ikan bakar dan samgyetang atau sup ayam utuh yang dimasak dengan rempah khas Korea Selatan. 

Alamat: 272 Jong-ro, Jung-gu, Seoul, Korea Selatan.

2. Pasar Gwangjang

5 Pasar untuk Menjajal Street Food Terbaik di Korea, Auto Ngiler!potret penjual di Gwangjang Market (unsplash.com/@parlonscoree)

Berlokasi di Distrik Jongno yang ada di tengah ibu kota Korea Selatan, Pasar Gwangjang adalah salah satu pasar tertua karena beroperasi sejak 1905 dan sampai saat ini masih ramai sebagai tempat jual beli.

Awalnya pasar ini adalah pasar para petani, lalu berkembang menjadi sebesar sekarang di mana kamu bisa membeli semua kebutuhan secara murah. Dan saat ini Pasar Gwangjang kian terkenal sebagai spot berburu jajanan khas Korea.

Pasar Gwangjang berulang kali masuk acara TV Korea Selatan seperti reality show populer 'Running Man' dan muncul pada episode enam Netflix: Street Food Asia yang menayangkan  knife-cut noodle lady atau Cho Yonsoon yang menjual kalguksu tradisional.

Namun sebelum terkenal karena ditayangkan di Netflix, Pasar Gwangjang identik dengan mayak gimbap yang konon gimbap ini berasal dari kios Mo-Nyeo Woncho yang sudah buka sejak lebih dari 40 tahun yang lalu. 

Alamat: 88 Changgyeonggung-ro, Jongno-gu, Seoul, Korea Selatan.

Baca Juga: 5 Variety Show Korea Bertema Kuliner, Terbaru The Genius Paik

3. Pasar Malam Myeongdong

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

5 Pasar untuk Menjajal Street Food Terbaik di Korea, Auto Ngiler!potret penjual di Myeongdong Night Market (instagram.com/mondaygotravel)

Lagi viral banget di media sosial yakni Pasar Malam Myeongdong sebab pasar ini disebut-sebut sebagai surganya jajanan kaki lima, food vlogger, influencer, sampai artis dalam dan luar negeri sudah banyak yang syuting dan jajan di sini. Karena termasuk dalam kesukaan turis, inilah mengapa rata-rata harga jajanan di Pasar Malam Myeongdong lebih tinggi dibanding lainnya. 

Kawasan ini termasuk pasar untuk menjajal street food terbaik di Korea Selatan. Mulai dari tteokbokki yang merupakan makanan berbahan tepung beras dan dimasak pedas, hotteok atau panekuk ala Korea, sampai abalon panggang adalah tiga di antara banyaknya jajajan yang bisa kamu cicipi.

Tak kalah wajib, ada ppogi atau permen dalgona yang hit sejak ditayangkan dalam drama Netflix, Squid Game

Alamat: Jung-gu, Chungmuro ​​2(i)-ga, 8-3-ga, Seoul, Korea Selatan.

4. Pasar Tongin

5 Pasar untuk Menjajal Street Food Terbaik di Korea, Auto Ngiler!potret Tongin Market (instagram.com/emmanuella.01)

Semasa Jepang menduduki Korea Selatan, Pasar Tongin dibuat menjadi pasar jajanan kaki lima. Setidaknya ada lebih dari 70 kedai makanan yang berbeda-beda dan didominasi oleh hidangan klasik.

Eits, tapi tak cuma itu kok yang membuat Pasar Tongin unik dan laik didatangi saat kamu ke Korea Selatan! Sebab makanan di pasar ini memang terkenal enak semua.

Sebelum jajan, kamu perlu menukar sejumlah uang dengan koin plus diberi kotak makan. Nantinya koin tersebut yang akan dipakai untuk membeli makanan pilihan untuk isi kotaknya. Mayak gimbap, dakkochi, dan naengmyeon adalah tiga di antara banyaknya pilihan yang bisa dicoba di Pasar Tongin.

Alamat: 18 Jahamun-ro 15-gil, Jongno-gu, Seoul, Korea Selatan.

5. Pasar Namdaemun

5 Pasar untuk Menjajal Street Food Terbaik di Korea, Auto Ngiler!potret Namdaemun Market (instagram.com/kitchensense)

Tak lengkap jika berburu kuliner Korea Selatan tanpa ke Pasar Namdaemun. Perlu kamu tahu nih kalau Pasar Namdaemun didirikan pada masa Joseon, tepatnya tahun 1414. Jadi soal kuliner, kamu gak perlu meragukan kualitasnya.

Pasar Namdaemun terbagi menjadi beberapa gang, di antaranya adalah Kalguksu Alley atau bagian mie, Streetfood Alley atau makanan kaki lima, dan Galchi Jorim Alley atau hidangan berbahan dasar ikan. Dan masing-masing gang hanya menjual yang sesuai dengan namanya. Ini jelas memudahkan kamu dalam menentukan tujuan kuliner saat di sana.

Alamat: 21 Namdaemunsijang 4-gil, Jung-gu, Seoul, Korea Selatan

Menjadikan pasar untuk menjajal street food terbaik di Korea mungkin bukan pilihan yang umum buat wisatawan. Namun, yang tak biasa dilakukan saat traveling bukan berarti tidak worth it. Oleh karenanya, jangan lupa kunjungi deretan pasar di atas saat traveling ke Korea Selatan ya!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Destinasi Wisata Berteknologi Canggih di Korea Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Adblock test (Why?)



"street food" - Google Berita
December 21, 2023 at 03:45PM
https://ift.tt/1cM8w9K

Pasar untuk Menjajal Street Food Terbaik di Korea - IDN Times
"street food" - Google Berita
https://ift.tt/sXUdlPI
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

5 Negara yang Terkenal akan Street Food Nikmat Mereka - IDN Times

Berwisata ke luar negeri tak lengkap rasanya jika tidak mencoba berbagai hal yang khas dari negara tersebut. Mulai dari tempat wisata , b...

Postingan Populer